img_head
BERITA

Pengawasan dan Pembinaan Oleh Hakim Tinggi Pengawas Pengadilan Tinggi Sulawesi Tengah pada Pengadilan Negeri Palu

Okt26

Konten : berita humas
Telah dibaca : 2.986 Kali


Hari Senin tanggal 24 Oktober 2016  Pengadilan Negeri Palu menerima kedatangan Tim Pengawas dari Pengadilan Tinggi Sulawesi Tengah di Ruang Sidang Cakra. Kedatangan tim Pengawas tersebut dalam rangka melakukan pengawasan rutin di Pengadilan Negeri Palu yang bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan kinerja Pengadilan Negeri Palu sebagai Satuan Kerja yang berada di bawah Wilayah Pengadilan Tinggi Sulawesi Tengah, sehingga tercipta suatu Peradilan yang Agung sebagaimana yang dicita-citakan dan terprogram dalam Blue Print MA-RI 2010 s/d 2035.

Pengawasan atas dasar Surat Tugas Ketua Pengadilan Tinggi Sulawesi Tengah, yang diketuai oleh Bpk. Sunardi, SH selaku Ketua Tim Pengawas, yang didampingi Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Sulawesi Tengah Bpk. Mochammad Sholeh, SH., MH  beserta rombongan.

Bpk. I Made Sukanada, SH., MH. Selaku Plh. Ketua Pengadilan Negeri Palu mendampingi Ketua Pengadilan Tinggi Sulawesi Tengah Bpk Ida Bagus Djagra, SH., MH, beserta rombongan Tim Pengawas Pengadilan Tinggi Sulawesi Tengah langsung mengadakan pertemuan di Ruang Sidang Cakra Pengadilan Negeri Palu sebelum melakukan pemeriksaan. Dalam arahannya Ketua Pengadilan Tinggi Sulawesi Tengah terlebih dahulu menyampaikan tindak lanjut atas kebijakan Presiden RI Bpk. Joko Widodo, yang mencanangkan Operasi Pemberantasan Pungli (OPP) dengan menginstruksikan kepada seluruh aparat Pengadilan Negeri Palu agar tidak melakukan pungutan liar dalam bentuk apapun dalam pelaksanaan tugas peradilan terhadap para pencari keadilan dan pihak lain yang terkait, termasuk dalam pelaksanaan sidang pelanggaran lalu lintas jalan.

Selanjutnya Tim Pengawas melakukan pemeriksaan mengenai Management Peradilan, Administrasi Perkara Pidana & Perdata, Administrasi Persidangan Pidana & Perdata, Administrasi Umum, Pelayanan Publik dan Penerapan SIPP/CTS (IT). Pemeriksaan dilaksanakan selama 2 hari dan dilanjutkan dengan pembinaan.

Pada hari ke-2 tanggal 25 Oktober 2016 bertempat diruang Sidang Cakra Bpk. Sunardi, SH. Selaku ketua tim menyampaikan hasil pengawasannya bahwa pada umumnya semua tugas telah dilaksanakan dengan baik, pelaksanaan administrasi di Pengadilan Negeri Palu sudah ada perubahan yang signifikan dan mengapresiasi kinerja aparat Pengadilan walaupun masih ada temuan-temuan. Tim Pengawas berharap agar temuan temuan tersebut untuk segera dilengkapi dan dibenahi dan berpesan agar kinerja yang telah berjalan selama ini dipertahankan dan ditingkatkan untuk kedepannya sehingga apa yang menjadi Visi dan Misi Mahkamah Agung dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat pencari keadilan dapat tercapai.

  • Galeri
PN Palu